Syarah Shahih Muslim



Para ulama -rahimakumullah- telah bersepakat bahwa kitab terbaik setelah Al Qur’an adalah Kitab Shahih Al Bukhori dan Shahih Muslim. Kedua kitab ini telah terbukti diterima dengan lapang dada dan tangan terbuka oleh muslimin, namun Kitab Shahih Al Bukhori dianggap lebih shahih serta lebih banyak mengandung faedah dan pengetahuan.Telah diriwayatkan dari jalur yang shahih bahwa Imam Muslim -rahimahullah- termasuk orang yang telah mengambil faedah dari Imam Al Bukhori -rahimahullah- .Salah satu kelebihan Shahih Bukhori adalah tentang prinsip Imam Bukhori dalam hal sanad hadits. Al Bukhori tidak dengan mudah menganggap sebuah sanad hadits berstatus muttashil hanya karena ada pengakuan perawi yang berkata sami’tu (artinya aku telah mendengar) dari seorang yang hidup sezaman.Al Bukhori baru memastikan sanad itu benar-benar muttashil setelah dia tahu bahwa kedua perawi itu pernah bertemu.

Sekalipun ditinjau dari sisi kualitas sanad kitab Shahih Al Bukhori lebih unggul, namun bukan berarti kitab Shahih Muslim tertinggal dari aspek lainnya . Sebagian ulama Ahli Hadits mengatakan bahwa kitab Shahih Muslim lebih baik jika dilihat dari segi sistematika penyusunan bab dan lebih mudah difahami sehingga membantu para penuntut ilmu dalam memahami ilmu agama ini., begitu pula dengan kitab penjelasnya, yakni Syarah Shahih Muslim oleh Imam An Nawawi -rahimahullah- yang dinilai sebagai salah satu kitab syarah terbaik.

Syarah ini banyak menjelaskan masalah aqidah, hukum, akhlaq, lughoh, nama perawi, usaha mengkompromikan hadits yang nampak bertentangan serta menunjukkan dalil-dalil yang dipakai oleh berbagai madzab.Kitab Syarah shahih muslim ini disertai muqodimah yang membahas ilmu hadits dan sebagai kunci memahami kitab Shahih Muslim.inilah rangkaian kitab terjemahan dari Syarah Shahih Muslim karya Imam An Nawawi -rahimahullah- yang bisa disebut satu-satunya kitab terjemahan Syarah Muslim di Indonesia.

Download  :  mediafire

About these ads

4 Tanggapan to “Syarah Shahih Muslim”

  1. Lfauzi Says:

    makasih banyak kang,,, sangat bermanfaat,,aq request jilid selanjutnya ya!

  2. Mustamar.Sutan Says:

    Untuk syarah shahih muslim jilid 1 membanyak di WEB lain, tapi untuk jilid selanjud belum ada yg menyediakan untuk free download, kenapa ya?

  3. Mustamar.Sutan Says:

    Untuk syarah shahih muslim jilid 1 memang banyak di WEB lain, tapi untuk jilid selanjutnya belum ada yg menyediakan untuk free download, kenapa ya?

  4. sutanzacky Says:

    syukran syarah sahih muslimnya, mohon jilid berikutnya


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 397 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: