Kisah Nyata Dibalik Tutunnya Ayat-Ayat Suci Al-Quran


…….memuat kisah kehidupan tak kurang dari 160 orang, termasuk para sahabat dan istri Nabi…….

Apa yang terjadi saat Allah ingin menyapa hamba-Nya untuk menuntun mereka ke jalan yang benar ? Bagaimana kisah orang-orang tercela yang diperingatkan Allah agar mereka terhindar dari kehinaan dan kenistaan ? Seperti apa setik-detik turunnya wahyu kepada Rasulullsh saw ?

Al- Quran tidak turundi ruang hampa. Ayat-ayat suci ini hadir untuk merespons denyut kehidupan nyata masyarakat muslim awal. Gambaran berbagai peristiwa itu dikenal dengan Asbabun Nuzul-sebab turunnya ayat-ayat Al-Quran. Dengan asbabun Nuzul, teks tak terputus dari konteksnya. Befitu pemtingnya, literatur asbabun nuzul sudah berlimpah, klasik maupun modern.

Namun, di buku ini, rangkaian peristiwa itu disajikan dengan indah, lembut, dan renyah. Seluruh kisah dituturkandari sudut pandang pelaku setiap peristiwa, didukung oleh data-data historis dan riwayat yang dapat dipercaya, sehingga tersaji gambaran yang penuh warna.  Kendati kental dengan aspek politik, sejarah, geografi, dan keagamaan (kaidah syariat, akidah, dan fikih), rentetan kisah nyata ini tidak menjadi data sejarah yang kering dari pergulatan hidup generasi muslim pemula. Peembaca akan mendapatkan pengalaman dan rasa baru untuk memahami serta mencerna berbagai ayat Al-Quran yang selama ini mungkin ttelah kita kenal dan kita hafal.

Selain menyodorkan bahan berharga untuk memahami ayat suci secar kontekstual, buku ini tampil sebagai gambaran indah mengenai kehidupan yang layak dijadikan panutan dan cermin bagi semua umat manusia.

Download     Mirror       Skydrive

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 397 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: