Terjemah Afatul Lisan


Lidah, merupakan anugerah kenikmatan yang sangat besar dari Allah. Bentuknya memang kecil, tetapi padanya tersimpan rahasia kemaha halusan Sang Pencipta yang mengagumkan. ia memegang peranan yang sangat vital untuk menterjemahkan kehendak dan kemauan. Tiada sesuatu yang ada maupun tiada, pencipta atau tercipta, yang imaginatif atau realita, dugaan atau kira-kira, melainkan lidahlah yang dapat memaparkan secara benar atau justru sebaliknya, salah.

Ketika ia dilepas, pengaruh dan akibat yang ditimbulkannya sangat luar biasa. Keimanan dan kekafiran baru dapat diketahui secara jelas dengan pengakuan dan kesaksiannya. Bukankah kedua hal ini merupakan puncak ketaatan dan kedurhakaan ? Karenanya  seseorang menjadi terhormat, mulia dan bahagia, dan karenanya pula seseorang menjadi tiada bermartebat, hina, dan merana.

Agar bisa terhindar dan selamat dari bahaya-bahaya lidahyang mengantarkan pada kehinaan dan kebinasaan, tentu kita harus tahu apa saja bahaya-bahaya yang ditimbulkan oleh lidah. Imam Ghazali dalam kitab ini, mengupas secara mendalan bahaya-bahaya lidah dari yang dipandang ringan hingga yang paling berat. Secara garis besar. Al Ghazali mengkualifikasikan bahaya-bahaya itu menjadi dua puluh macam yang semuanya dibahas secara jelas dan mendalam dalam buku ini.

Dengan demikian, tentunya diharapkan, ketika kita melepas lidah dapat menghindari bahaya-bahaya tersebut, sehingga selamat dari bahaya yang menyengsarakan dan menghinakan.

Berbicaralah, jika pembicaraan itu berbuah keberuntungan, atau jika tidak, maka diamlah, tentu anda akan selamat.

Download
Skydrive       Box

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: